This website is the archive for our old blog

Please visit our main page for the latest update

Lilypie 3rd Birthday Ticker

Wednesday, May 11, 2005

1978-1990 Part 2 - Taruna Bakti

WARNING: Artikel ini panjang banget, makanya tulisannya dibikin kecil.

Sesuai dengan permintaan Yanti, akhirnya gue coba bikin tulisan singkat mengenai Sekolah Taruna Bakti sampe taun 1990. Maklum, kita bersekolah di tempat yang sama. 1978-1990 adalah kurun waktu sampe gue lulus SD.

Semenjak TK sampe SMP gue bersekolah di Taruna Bakti atau yg dikenal dengan sebutan TB. Sekolah TB sama-sama di jalan Riau, 500 meter dari rumah kita. Setiap hari kita jalan kaki ke sekolah, melewati Bengkel Jalan Riau 32, Apotik Utari, menyebrang Jalan Banda, lewat kantor pos, The British Institute, Ayam Bengawan Solo, Toko Riau, Toko Dick’s, kantor Kompas, dan sekolah Yahya.

Saking deketnya rumah dan sekolah, sewaktu SMP, kalo gue kebelet boker gue akan LARI sejadi-jadinya ke rumah pas jam istirahat. Lima menit lari, lima menit boker plus cebok, dan lima menit lari balik ke sekolah, pas jam masuk. Dan saking deketnya rumah dengan sekolah pula, gue jadi biang telat di sekolah, karena selalu dateng ke sekolah pada menit menit terakhir.

Gue masuk TK TB tahun 1982 kalo ga salah. Tahun 1982, TK blom pake seragam ijo kayak sekarang. Baru tahun 1983 seragam ijo untuk TK mulai diterapkan.



Rani dengan seragam TK barunya

Selama TK dan juga awal-awal SD, gue ke sekolah berjalan kaki dianter oleh mbak Sita, mbak Nuning, atau tante Dinda, tiga cewek yang waktu dulu tinggal bareng kita di rumah sambil menempuh kuliah di Bandung. Kadang pembantu kita, Bik Wat, Bik Lilies, Bik Titiek, atau Bik Ecih juga nganterin ke sekolah. Masuk kelas 3 gue udah jalan kaki ke sekolah sendiri.

Di TK, setiap kali mau masuk kelas, kita semua berbaris depan kelas. Kadang kadang kita harus nunjukin tangan kita, apakah kukunya panjang dan kotor atau pendek dan bersih(begini terus sampe kelas 3-4 SD!). Dan gue dulu selalu baris di paling depan, karena memang selalu jadi anak paling pendek di kelas (hiks hiks.. begitu terus sampai lulus SD!). Abis itu, guru TK akan memukul rebananya dan kita semua masuk kelas dengan bergerak-jalan sesuai irama tepukan rebana ibu guru.

Setelah duduk di kelas, session dimulai dengan berdoa bersama. Doanya begini (..dengan intonasi anak-anak TK yang membaca bersama-sama bagaikan Koor):

Oh Tuhanku, lindungilah diriku, ayah ibuku, saudara-saudaraku. Bagi teman-teman yang sakit, semoga lekas sembuh dan dapat sekolah lagi, AMIN!
(dengan penekanan dan teriak di kata AMIN).
Doanya gak spesifik agama tertentu, karena sekolah TB itu sekolah swasta sekuler.

Abis berdoa, dimulailah kegiatan-kegiatan yang lumrah dilakukan di TK-TK lainnya, seperti main hitung-hitungan, main lilin malam, menyanyi-nyanyi, belajar membaca (Waktu dulu TK masih longgar syarat masuknya, gak mesti sudah bisa baca. Sementara jaman sekarang, katanya, kalau mau masuk TK harus udah bisa baca. Gila apa? Kan tugasnya sekolah ngajarin baca!). Di pelajaran menyanyi, kita diajarin lagu “Bangun Tidur”

Bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu membersihkan tempat tidurku
Nah waktu belajar lagu ini, gue protes ke guru, “Bu Guru, Ibuku ga pernah membersihkan tempat tidurku. Yang membersihkan selalu Bik Wat (pembantu)”. Ibu guru cuman bisa bengong. Yah memang jaman dulu belum lumrah punya ibu wanita karir yang gak ngerti cara bersih-bersih rumah, kali ya?

Terus, abis jam pelajaran, ada session istirahat juga, di mana kita main2 ke halaman sekolah, memanjat-manjat, main perosotan, atau main jungkat jungkit.

Kadang kita juga bermain dalam kelompok. Salah satu permainan berkelompok adalah Slepdur, kalau versi jaman sekarangnya tuh Ular Naga. Pada dasarnya, dua orang dipilih untuk membuat “gerbang” dengan tangan mereka, dan anak-anak lain berbaris berpegangan seperti ular. Terus semuanya bernyanyi, dan siapa yang ketangkep oleh “gerbang” harus keluar dari barisan ular. Lagunya seperti ini:

Slepdur, Slepdur, Timan timan ondedur, delat devandedur. Eni mandedur, mandedur KAKAPITEN!
Nah pas “Kakapiten” ini gerbang tangan menutup dan menangkap satu anak. Sumpah, sampe sekarang gue gak ngerti kata-kata yang dinyanyikan di lagu Slepdur itu. Mungkin lagu itu adalah warisan turun temurun dari lidah ke lidah yang aslinya bahasa Belanda, dan versi di atas adalah yang udah “bastardised and corrupted” oleh lidah anak-anak Bandung.

Pada jam istirahat ini kita juga menghabiskan bekal yang dibawa dari rumah. Biasanya roti pake mentega dan meses. Nah ini jadi ajang pamer-pamer isi bekal, tempat bekal, dan tempat minum. Bangga banget gue dulu waktu punya tempat minum yang bentuknya kayak Walkie Talkie dan antenanya adalah sedotannya.

Kadang-kadang ada juga pembagian susu di sekolah, untuk promosi produk susu dan juga untuk kesehatan anak-anaknya. Dulu yang dibagikan tuh Sustagen HP dan Milo. Kita semua disuruh berbaris untuk menerima satu gelas susu. Dan gue, dengan naif-nya, nanya, “Ibu guru, gelas susu-nya udah bekas ya? Soalnya waktu dulu dibagi susu, gelasnya juga sama”. Ibu guru ketawa aja, karena sebenernya gelas plastik susu itu sekali buang, tapi karena ‘imprint’-nya sama melulu, seakan-akan gelas-gelas yang dulu dipake lagi.

Lantas waktu TK juga ada pelajaran kesehatan gigi. Dimulai dengan dikasih larutan berwarna pink yang rasanya manis untuk dikumur-kumur – dari sini dokter gigi akan ngeliat apakah ada timbunan plak kalau kita males gosok gigi. Abis itu, satu kelas berdiri di depan wastafel besar dan rame-rame gosok gigi dengan pasta gigi manis warna pink yang mengandung fluoride. It was really fun!

Kemudian tibalah saatnya pulang. Setiap hari, session TK selalu ditutup dengan menyanyikan lagu ini:

Geylang sipaku geylang, geylang sirama-rama.. Mari pulang, marilah pulang, marilah pulang, bersama-sama!
Dan abis nyanyi kita semua berdoa lagi, mirip dengan doa di pagi hari tapi tentu isinya adalah terimakasih dan kita semua mau pulang. Sayang gue lupa persisnya gimana doa-nya. Kalo ada yang inget, tolong ditulis di Comments di bawah.

Guru TK nol kecil gue adalah Ibu Sukasah, yang keibuan tapi juga tegas (didikan Belanda!). Pernah sekali gue dimarahin ibu Sukasah, karena menggigit Leonardi, temen TK yg lain. Sedih banget dimarahin, karena gue gigit Leo bukannya tanpa alasan, tapi karena Leo nakal banget ke gue! Tapi abis dimarahin bu Sukasah, gue sadar kalo kekerasan bukanlah jawaban untuk menyelesaikan konflik.. malu maluin banget kan sampe main gigit gigitan sementara masalahnya bisa diselesaikan dengan ... ngadu aja ke guru! Anyway, bu Sukasah nyuruh gue dan Leo berdamai dengan mengkaitkan jari kelingking. Sampe sekarang gue masih simpen raport TK gue, dan kejadian ini terekam di raport itu.. betapa memalukan!

Terus ada juga kejadian lain yang memalukan.. yaitu.. ngompol di sekolah! Yang gue inget, karena ngompol itu, celana dalem gue jadi harus dicuci. Dan kalau ga salah, sementara celana dalam gue dicuci, gue disuruh pake celana dalem ekstra milik ibu guru.. (Tentunya mereka membawa spare-underwear kalau-kalau dapet mens. Tetapi... I really hope that my memory is wrong! Because I’m not sure about my memory on this, it seems unlikely that I wore a granny’s underwear of Ibu Sukasah.. maybe Ibu Sukasah was just kidding at that time).

Kejadian lain yg gue inget waktu TK adalah meletusnya gunung Galunggung, yang menyebabkan hujan abu seantero Bandung. Walhasil, pergi ke sekolah harus pake masker supaya abu Galunggung gak masuk ke pernafasan.

Masuk TK nol besar, gue udah lebih ‘behaved’. Gurunya adalah Ibu Sri, guru muda seumuran mahasiswa yang baiiiiiiiiiiiiik buanget (dia juga temannya mbak Nuning).

Sewaktu TK, pada tanggal 21 April kita disuruh pake baju daerah, karena hari itu hari Kartini (apa coba hubungannya, hari Kartini dengan baju daerah????). Gue inget waktu itu gue nangis-nangis karena baju daerah yang gue pake bukan baju kebaya ibu Kartini, melainkan kebaya Aceh. Gue pikir, hari Kartini, kebayanya harus kebaya Kartini juga dong!


Rani dengan baju Aceh. Di samping ada yang pake baju Kartini beneran, makanya Rani jadi ngiri. Di belakang duduk Nasca, di sisi kanan foto Djaka

Lulus TK, masuklah gue ke SD TB. Gue masih inget deretan wali kelas dari kelas 1 sampe kelas 6, yaitu: Ibu Sri (yang ini udah tua), Ibu Astuti – mantan kepala sekolah, Ibu Iswari – yang terkenal super duper galak, Ibu Tetty – orangnya kecil, baik dan ceria, Ibu Maria – galak, didikan belanda, dan akhirnya, Ibu Hong – orangnya pendek agak gemuk dan baiiik sekali. Selain itu ada Pak Endin guru agama Islam, Ibu Betty guru musik, Pak Aam dan Pak Budi guru olah raga.

Sebelum sekolah mulai, kita wajib beli buku2 pegangan di toko buku Cosmos (lupa di daerah mana di bandung). Konon, menurut cerita Ibu gue, setiap hari gue selalu bawa semuaaaaaa buku pelajaran. Jadinya, tas sekolah gue selalu paling banyak buku dan paling berat, karena isinya semuaaa buku pelajaran yang ada. Mengapakah hal ini terjadi? Usut punya usut, si Rani gak tahu bahwa ada yang namanya Daftar Pelajaran, di mana setiap hari terdiri dari pelajaran berbeda-beda. Si Rani baru dikasih tau mengenai hal ini pas mulai kelas 3 SD, di mana dia dimarahin oleh ibu Iswari karena membawa semua buku pelajaran. Jadi, selama dua-tiga tahun, si Rani selalu bawa tas yang super berat penuh buku! Sumpah, bodo banget gue.. hehehehe!

(Indi tulis: hehe padahal sampe tahun 2002 pas ambil master di NUS juga masih begitu tuh... semua buku dibawa.... dasar kiasu! )

Waktu akhir kelas satu SD, Ibu ngadain pesta ulang-tahun ke-6 di rumah. Wah seneng banget, ulang tahun dipestain. Ibu nanya ke gue, pestanya mau kayak apa, dan gue langsung bilang, pengen tukang sulap! Ibu lantas mengerahkan bala bantuan tiga cewek (Mbak Sita, Mbak Nuning, dan Tante Dinda) untuk mengatur acara tersebut. Sementara, gue dengan gembira nulis kartu undangan dan menyebarkannya seantero kelas 1. Tiga mbak-mbakku itu bener-bener jago jadi event organizer. Mereka bikin lomba makan kerupuk, balap karung, dan game-game lainnya. Seru banget, gue seneng banget!



Acara ulang taun di halaman rumah (ki-ka) Rafika, Iik, Desi, Reni, Celia

Sehabis lomba dan makan siang, anak-anak dihibur dengan badut-badut. Dan abis itu, puncak acaranya adalah... sulap Mr. Robin! Wah seneng banget deh bisa liat sulap dari sedekat itu! Gue inget banget, waktu itu Edy (Susanto) disuruh ke depan panggung, dan disuruh berdiri di atas kursi, membelakangi penonton. Dan apa yang dilakukan Mr. Robin? Dia bikin Edy bertelor! Wah bener-bener gue sampe ternganga ngeliatnya. Betul-betul pesta ulang tahun yang berkesan banget!

Catatan samping: Edy “Khemod” Susanto, temen setia dari TK sampe SMP, yg sekarang udah lewat Senirupa ITB (Sekarang dia sibuk di Biosampler). Dari kecil emang terkenal sebagai cowok asertif dan berani untuk maju ke depan, dia tau dia suka jadi pusat perhatian. Makanya waktu SD dia bertugas jadi pemimpin upacara bendera. Edy ini juga “pacar” pertama adek gue, si Iik. Waktu gue dan Edy kelas empat, Edy ngirim kartu valentine ke Iik, yang waktu itu kelas dua SD. Meskipun si Iik berusaha untuk diem-diem mengenai peristiwa “kartu valentine” ini, sekeluarga tetep tahu, karena Edy suka nongkrong bareng Mas Dedek di Taman Lalu Lintas untuk main skateboard dan sepeda BMX (oh... tahun 80an sekali!), dan di kalangan anak2 nongkrong itu jadilah si Edy dikenal sebagai Edy Khemod Valentine...
OK, balik lagi ke sekolah. SD masuk jam 7 pagi dan dimulai dengan baris di depan kelas (yang diikuti kadang-kadang dengan periksa kuku juga). Namun, beda dengan TK, guru di SD gak pake rebana untuk menggiring anak-anak masuk kelas. Di SD, ketua kelas akan kasih komando “bersiap... GRAK!” lalu “Lencang depan ... GRAK” atau “Setengah lencang depan... GRAK” dan akhirnya “Maju.... JALAN!”. Dan seperti biasa, gue selalu baris di paling depan, sebagai anak terpendek di kelas... terus menerus dari TK sampe kelas 6 SD.. hiks! Setelah masuk kelas mulailah pelajaran-pelajaran. Gak pake acara berdoa dulu kayak waktu TK lagi. Di SD kita belajar untuk duduk rapi dengan menyilangkan tangan di atas meja, gak seperti di TK yang lebih bebas. Kemudian, setiap kali guru masuk kelas, para murid akan berpaduan suara memberi salam, “Selamat pagi ibu guru!”. Kemudian pelajaran dimulai, nothing special about it.... Kadang2 bel berdentang satu kali, menandakan satu jam pelajaran selesai. Dari jam 7 sampe jam 9 kalo gak salah ada 4 jam pelajaran @ 30 menit (kalo ga salah)



Foto pas pelajaran PKK di kelas 6 SD. Di belakang: Lingga dan Angga. Di depan: Rani dan Edy Khemod

Pas kelas 1 SD kita sempat pake buku pelajaran Bahasa Indonesia “Bahasaku”, kalau ga salah terbitan balai pustaka. Gue suka banget buku pelajaran ini, karena gambarnya bagus (keliatan gambar dari jaman belanda gitu), dan cerita-cerita mengenai si Sudin di buku ini juga bagus sekali. Dan bahasa Indonesia, secara hakiki murni dan indah, diajarkan oleh buku itu (gak kayak bahasa Indonesia ancur yang gue pake sekarang atau bahasa yang ditemui di media-media jaman sekarang yang udah campur aduk dengan terjemahan bahasa inggris). Oiya, Rio juga nulis tentang "Bahasaku" di blog dia.

Naik kelas dua, kita udah gak pake buku “Bahasaku” lagi, entah mengapa. Sedih juga, sebab di buku “Bahasaku” cerita si Sudin itu sambung menyambung. Jadi aja, ceritanya terputus. Di kelas dua, kita berkenalan dengan tokoh Budi, kakaknya Wati, dan adiknya Iwan. Nah di sini kita belajar kalimat sebagai berikut:

“Ini Budi. Ini Bapak Budi. Bapak Budi bekerja di kantor. Ini Ibu Budi. Ibu Budi memasak di dapur”
Nah, suatu waktu, kita ditugasin menulis seperti di atas, tetapi nama Budi diganti dengan nama sendiri. Sampe di kalimat “Ibu Rani memasak di dapur” gue protes ke Bu Guru:

“Ibu Guru, Ibuku gak pernah masak di dapur”.

“Oh ya? Jadi siapa yang masak di rumahmu?”

“Bik Wat yang masak”

“Ibumu gak ikut masak?”

“Ibu setiap hari ke rumah sakit. Jadi harusnya ‘Bapak dan Ibu Rani bekerja di kantor’ dan ‘Bik Wat memasak di dapur”
Sekali lagi, nampaknya jaman dulu belum lumrah punya ibu wanita karir ya? Untung Ibu Guru dengan baik ngebolehin gue menulis seperti apa yang gue mau.

Yah memang, si Rani dari kecil terkenal tukang protes dan tukang tanya ke guru-guru. Sampe akhirnya, kelas lima SD gue menanyakan sesuatu yang gurunya gak bisa jawab. Entah mengapa, mungkin saking malunya ga bisa jawab atau mungkin dia lagi PMS, guru itu jadi marah banget, bibirnya bergetar kayak mau marah, dan berkata “Pertanyaan macam apa itu! Lain kali, kalo nanya mikir dulu!”. Wah gue kaget dan sedih banget dibilangin kayak gitu, karena waktu itu gue inget banget, gue nanya murni karena keingintahuan gue akan sesuatu hal (gue lupa persisnya apa yang gue tanya tapi yang jelas bukan sesuatu yang cabul atau subversif). Tapi walhasil, reaksi PMS si ibu guru itu cukup membuat trauma kali ye? Semenjak itu, gue mogok dan tidak pernah lagi bertanya di kelas, karena takut dianggap goblok. Cukup trauma, hingga sampe sekarang kalo mau bertanya di forum publik pun rasanya malu banget. Gue cenderung bertanya langsung ke seseorang tanpa harus di depan banyak orang, atau membiarkan orang lain bertanya pertanyaan gue. Tetap gue trauma meskipun gue coba bilang ke diri gue, “There’s no such thing as a stupid question!”.. meskipun gue sekarang tau guru gue itu memberi jawaban secara tidak bijaksana! Nah, makanya, ibu-ibu, perlakukanlah anak kecil dengan hati-hati sebab trauma masa kecil bisa berdampak cukup lama lho!

OK, balik lagi ngebahas lingkungan sekolah. Di SD terdapat dua kali waktu istirahat, jam 9.00 dan jam 10.30, kecuali hari Jumat di mana kita semua pulang jam 10.30. Di SD Taruna Bakti, jam masuk dan istirahat ditandai dengan bunyi bel tiga kali. Bel yang digunakan bukan bel elektronik yg bunyinya jelek, melainkan betul-betul lonceng yang ditarik dengan tali. Lonceng ini berlokasi di depan kelas empat, dan satu anak di kelas tersebut ditugaskan untuk membunyikan lonceng pada jam yang udah ditentukan. Nah, sekarang ini, katanya, bel lonceng ini udah gak ada, dan diganti dengan bel elektronik yang jelek bunyinya. Tapi, karena TB terkenal banyak hantunya, katanya, masih ada yang suka denger lonceng berbunyi, apalagi pas maghrib atau malam.... Padahal, loncengnya udah gak ada.

Nah, di waktu istirahat jam 9.00 dan 10.30, anak-anak bermain. Nah di SD ini, mulai keliatan bedanya anak cowok dan cewek. Anak-anak cowok pada main bentengan dan game-game lain yang berbau ‘laki-laki’. Anak-anak cewek main bekel, lompat tali, domikado, damdamdeli, dan game-game lain yang berbau ‘cewek’. Satu-satunya permainan yang lumayan gender-neutral adalah Ucing-Ucingan. Berhubung gue agak kelaki-lakian dan gak bisa main bekel dan lompat tali, ucing-ucingan adalah game kesukaan gue. Ucing-ucingan pada dasarnya adalah satu orang dipilih sebagai Ucing, dan harus menangkap orang lain, yang kemudian menjadi Ucing berikutnya. Ada berbagai macam ucing-ucingan: ucing-ucingan biasa – seperti yang disebut di atas, ucing sumput – yaitu mencari orang-orang sembunyi, ucing Kup – yaitu berpose “Kup” supaya aman dari kejaran si Ucing dan selama dalam pose “Kup” gak boleh gerak atau kedip sama sekali. Dan berbagai macam variasi dari Ucing-ucingan, tergantung kreativitas si anak.

Domikado dan damdamdeli adalah juga permainan kesukaan gue, yaitu dua contoh permainan berdasarkan “nursery rhymes” atau lagu yang liriknya asal-asalan, dan diikuti dengan tepukan-tepukan tangan baik berduaan ataupun rame-rame dalam formasi melingkar.

Domikado lagunya begini:

Do, mikado, mikado, eska, eskado, eskado beya beyi, cis cis, one-two-three-FOUR!
Damdamdeli lagunya begini:

Damdam deli, damdam owe owe, cis cis deli cis cis owe owe, jimi jimi takabel, takabel, IS DED!
Ada juga game “Evaluasi” yang lagunya seperti ini:

E-VA-LU-A-SI! Mama sigambreng, Cici mauwak! Mama sigambreng, Cici mauwak! Ah, Ih, Ala desa desih! Ah, Uh, Ala desa desuh! Dua belas, jadi patung, oleh-oleh dari bandung... (dst lupa liriknya...)
Ada juga nyanyian-nyanyian yang seperti ini:

Aminah beli buku, buku gambar, gambar jeruk, jeruk manis, manis gula, gula jawa, jawa tengah, tengah laut, laut biru.. (dst dst gak abis-abis lagunya)
Atau

Ibuku Lady Diana, Papaku Pangeran Charles, Nenekku Elizabeth Ratu Inggris! (What a nonsense hehehehe!)
Oya, di SD kita gak main “Slepdur” lagi, karena kita anggap itu permainan anak kecil, anak TK.

Selain main game-game di atas, kita juga menghabiskan waktu istirahat dengan makan dari kantin yg dikelola oleh pak Endang. Tiap jam istirahat, rusuhlah kantin, karena anak-anak mulai dari kelas satu sampai enam SD gabruk ke kantin yang lebar meja counternya cuma 4 meter. Dan karena gue kecil, gue suka males ke kantin karena pasti kedesak dengan anak yang gede2. Baru mulai kelas 3 gue mulai jajan di kantin karena udah lebih tinggi badannya. Jajanan yang dijual di sana macem-macem, yang populer adalan Nasi Kuning yang dibungkus kertas dan daun pisang. Selain snack ‘corporate’ seperti Chiki, Taro, Mamee, Kripkrip dan Mi Kering (lupa namanya apa, keluaran Indomie), dijual juga snack2 tradisional seperti kerupuk pedes dan gulali. Juga ada siomay kering dan siomay basah yang dimakan dengan saos pedes warna merah menyala. Dan harganya, kalau diliat dengan ukuran sekarang, gila banget! Sebatang gulali Rp 50,-. Kripkrip harganya Rp 100 per tiga biji. Dan banyak lagi barang barang seharga Rp 25. Murah banget kan? Iya lah, jaman dulu uang rupiah pun ada Rp 5,- dan Rp 10,-, uangnya dari bahan yang ringan (alumunium kali ya?) dan bergambar keluarga berencana. Tapi untuk gue, waktu itu, rasanya Rp 50,- itu mahal banget!

Chiki Snack dan Taro itu baru di-launch waktu gue awal-awal SD, dan jadi trend baru di kalangan anak SD. Pembagian Chiki dan Taro dilakukan di sekolah, ditambah dengan mainan-mainan gratis dari mereka. Nah, waktu baru launch, Chiki Snack terdiri dari banyak rasa, mulai dari rasa ayam, rasa keju, sampe rasa coklat! Baru sekarang-sekarang ini yang tersisa cuman satu rasa, kalo gak salah, rasa ayam. Mungkin karena rasa-rasa lain gak terlalu berhasil di pasaran. Sementara Taro Snack favorit gue adalah yang rasa Rumput Laut. Nah, waktu SD, Taro Snack sangat royal menaburkan rumput lautnya! Sayangnya, sekarang ini Taro Snack rumput laut dikit banget taburannya, dan lebih banyak asin dari krupuknya.

OK balik lagi ke sekolah.

Seminggu sekali, sebelum masuk kelas, kita selalu melakukan Senam Pagi yang merupakan kampanye nasional pemerintah. Waktu gue kelas 1 - 2 SD kita bersenam Senam Pagi Indonesia. Mulai kelas 3 SD kita bersenam Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Dan terakhir, waktu kelas 5 SD kita diajarin SKJ 1988.

Selain senam seminggu sekali, ada juga pelajaran olahraga yg dilakukan di lapangan olahraga Taruna Bakti di Jalan Suci, Bandung. Lapangannya gak satu kompleks dengan gedung sekolah karena emang di lahan sekolah di jalan Riau udah penuh banget. Walhasil, seminggu sekali pas pelajaran olah raga seluruh kelas digiring ke Lapangan Jalan Suci dengan bis sekolah. Selain olahraga biasa seperti lari dan atletik, kita juga diajarin olahraga permainan yang dimainin berkelompok. Cowok dan cewek dipisah. Nah, cewek-cewek dibagi jadi dua tim, yaitu tim Rajawali dan tim Garuda (atau Elang? Lupa persisnya). Waktu kita masih kecil-kecil, yang dimainkan adalah Kasti, sementara setelah udah agak besar (sekitar kelas 3-4) permainannya diupgrade menjadi permainan Rounders. Dua permainan itu pada dasarnya sama, seperti Softball/Baseball. Hanya, dalam Kasti cuma ada dua “pal” alias “base”, sementara pada Rounders ada beberapa pal. Selesai olahraga, kita beli Teh Botol dingin di ibu-ibu yang rumahnya nempel dengan lapangan kita. Waktu itu Teh Botol Sosro harganya masih Rp. 150 dan berangsur naik sampe jadi Rp. 450 waktu gue kelas 6 SD. Wah... seger! Abis itu, kita semua balik naik bis sekolah untuk balik ke gedung di Jalan Riau.

Selesai sekolah, seminggu sekali ada kegiatan ekstra kurikuler kesenian yang bisa kita pilih. Ada gamelan, degung, angklung atau paduan suara. Gue waktu itu memilih angklung. Yang ngajar angklung itu namanya Ibu Andjar, beliau guru cewek yang udah tua dan badannya kecil. Beliau adalah istri dari komposer yang bikin Hymne Taruna Bakti. Nah Bu Andjar ini, tak dinyana, kecil2 begitu, galak banget kalau kita salah-salah dalam memainkan angklung.

Intermezzo dikit: jaman dulu papan tulis di sekolah masih papan ijo dan ditulis dengan menggunakan kapur, dan untuk melengkapi ada penggaris kayu yang panjangnya semeter dan tebalnya 1cm. Lalu, di depan papan tulis juga ada dingklik, supaya anak SD yang kecil2 ini bisa nyampe nulis di papan yang paling tinggi.

Nah, Bu Andjar guru angklung itu, kalau marah, akan menghantam penggaris kayu gede ke dingklik kayu dan bikin suara GUBRAK yang terkeras yang pernah gue denger selama di SD! Lalu beliau akan marah2 dengan kesalahan angklung kita. Tambahan lagi, beliau galak banget sama pemain bass betot di koor angklung kita. Emang sih, main bas betot susah banget, dan pengharapan Bu Andjar untuk main bass betot dengan sempurna agak terlalu berat. Nah, kalo udah marah, selain menghantamkan penggaris, Bu Andjar akan berteriak “Dem! Dem!” sesuai dengan bunyi bas betot seiring dengan lagu yang dimainkan.

Selain ekskul angklung, sekali waktu gue pernah juga nyoba ikut paduan suara untuk lomba se-Bandung. Waktu itu kita nyanyi lagu “Imunisasi” dan menang jadi juara dua! It was really fun and I really like singing in that choir.

Pulang sekolah, sebelum pulang, kita menyempatkan diri untuk jajan di pedagang kaki lima yang udah nongkrong nungguin anak-anak SD pulang sekolah. Yang paling sering gue tongkrongin adalah tukang mainan, yang jualan boneka / Figure dari karton tipis yang bajunya bisa diganti-ganti. Gue dan Iik koleksi boneka ini banyak banget! Kalo ga salah harganya Rp 50 – Rp 100. Selain itu, ada juga tukang gulali yang warnanya merah yang bisa dibentuk macem-macem (bisa request juga!), lantas ada tukang “rambut nenek” – gula-gula serabut yang dimakan dengan kripik beras. Ada tukang lumpiah basah (favorit gue dari dulu sampe sekarang!), dan sempet juga ada tukang jual “ayam putih” yaitu batang-batang spageti kering yang digoreng dan dibumbuin. Dan banyak juga jajanan tradisional kayak gorengan (bala-bala, ubi goreng, singkong goreng, pisang goreng dan comro), cilok (adonan tepung aci yang digoreng dan dimakan dengan saos), dan cakue yang dimakan dengan saus merah sedap yang rasanya agak asem-asem. Juga ada yang jualan kue-kue tradisional seperti martabak manis kulit tipis isi coklat atau pisang atau keju, kue “tetek” yang warnanya hijau dan bentuknya kayak tetek, dan kue bolu bolu kecil yang ditaburi meses. Ada juga baso malang.

Dan yang legendaris dari Taruna Bakti adalah Baso Udin. Pada dasarnya basonya enak tapi biasa biasa aja. Yang jadi kelebihan adalah pesenan baso di mang Udin bisa custom-made banget. Mau pake seledri atau enggak, bawang goreng ekstra, pake bihun atau mi kuning, terserah. Dan abis itu biasanya orang-orang akan ngebumbuin basonya sendiri dengan deretan bumbu dan saos di gerobak mang Udin. Sayangnya baso Udin ini ‘terbatas’ untuk anak SMP ke atas, jadi blon cocok utk diceritain di sini, karena gue baru makan baso Udin setelah SMP.

Dan berjalanlah gue pulang ke rumah. Kadang-kadang mampir dulu di toko Riau, untuk beli permen susu cap kelinci, beli eskrim, atau beli Capucino kopi kotak. Abis itu, gue lanjut berjalan pulang, menyebrangi jalan Banda yang rame dan penuh deretan angkot ngetem. Waktu itu, Bandung masih penuh pohon-pohon besar menghias deretan jalan-jalannya. Andai Bandung tetep seperti itu..... hiks hiks..



Anak-anak Kelas 6 SD Taruna Bakti Study Tour ke TMII, berforo di Keong Mas IMAX (ki-ka): Rini (Tante), Anak Bu Hong (lupa namanya), Risa Wulan, Rani, Alda Armila


23 Comments:

At 11/5/05 22:51, Anonymous wiwin said...

meskipun masa ketjil gw selalu di jkt, tapi seru jg baca cerita loe, krn bbrp games masa ketjil-nya dan jg jajanan2-nya mirip2 spt wkt gw TK/SD, tapi gw gak ada mainan slepdur, yg ada ular naga panjangnya, mirip2 kan ya dua permainan itu? beda lagunya doang kali ya?

 
At 12/5/05 04:05, Blogger me said...

.:.Mya.:.
Hahaha gue jadi inget lo jaman kecil emang bawel heheh gue jg bawel sih sama. Kenangan lo ama gue sama banget, meski beda angkatan tapi semua nama guru, tempat dan mainan sama semua. Tapi gila lu ya.. ingetan lo tajem aja. Gue udah banyak lupa. Btw.. gue jadi sedih ngebayangin jalan yang dulu sering kita lewati pas pulang/pergi sekolah. Kebayang sama gue rindangnya pohon2. Rumah gue sama rumah lo beda berapa menit gitu kali. Naik becak cuman cepek lah dulu sih hahaha. Gue inget pagi2 itu masih dingin skali. Mandi pagi bener2 menggigil. Sekarang udah ga gitu lagi ya Bandung?
Trus itu mainan slepdur, gue jg masih hafal sampe skarang lirik tarzannya. Gue nyanyiin di depan suami gue yg lama di Belanda dan dia memandang gue dengan pandangan ga penting. Bahasa apaan sih, katanya. Sementara gue dengan muke keukeuh, berusaha meyakinkan bahwa itu asalnya bahasa belanda. Diapun mendengarkan penjelasan gue dengan muka ga tertarik hahaha emang ga penting banget sih gw.
Ngomong2 si kemod kmana ya? Gue ngakak abis2an baca kartu valentine. Gue ga tau dia pernah kirim2 kartu sgala ama adek lo hauehuae.. Gue pikir dia mulai gebet2 stlh SMP.. ternyata oh ternyata :p
Ya udah, tulis terusannya dooonggg

 
At 12/5/05 07:14, Anonymous wicak said...

eh, kok sama sih mainannya? berarti dari jaman gue ampe jaman eloe, gak berkembang ya anak kecil mainnya sama.

perkara ibu karir, ibu ku juga karir, tapi gua gak pernah disuruh oleh bu Lian atau pun bu Andrini utk bikin kalimat ibuku masak dll. selalu ibunya budi. jadi gue cuek cuek aja. wong itu ibunya budi kok, bukan ibu gue...

alumni TB juga..

 
At 12/5/05 09:09, Anonymous yanti said...

haduh Ran gue asli bernostalgila.. ingetan lo kuat banget ya.
eh setelah gue liat2.. elo hampir2 gak pernah sekelas sama Yani dong ya? soalnya kayaknya guru2nya banyak yg lain. misalnya.. Yani gak pernah diajar Bu Iswari dan Bu Sri. elo nggak pernah di kelas Bu Sian ya?

soal si Khemod... hihi.. ternyata dia pubernya cepet juga ya. emm.. dia punya story juga tuh ama Yani pas SMP *lol*. mungkin elo tau juga ya?.

truuuss... elo ternyata ikutan lomba paduan suara yg lagunya "Imunisasi" itu ya? gue nonton loh... gue masih inget sampe sekarang sepotong lagunya,

Imunisasi penting untuk bayi
Imunisasi mencegah penyakit
Anak-anak kecil harus diberi

(baris terakhir gue lupa)

Elo ikutan ekskul angklung ya? Hebat juga ya klo dipikir2 sekolah kita dulu punya berapa rak angklung coba..
Klo angkatan gue dulu ekskulnya main pianika :D.
Thank's for writing this Ran :). Thalia udah lo kasih tau? Mungkin dia juga tertarik baca :D

 
At 12/5/05 19:18, Anonymous *vianne* said...

Gue udh 13thn+ gak ktemu Rani, temen sesama 'mini', semenjak gue cabut dr SMP TB. Tp kenangan TK - SD bener2 mirip, walopun banyakan di bagian makanan dan mainannya aja yg gue inget =)

Ingetan lo toB abiss, Ran, sampe ada hal2 yg gue udh lupa, jd inget lg dan nostalgia lg.

Sampe skg, klo gue pulang Bandung, yg gue cari ya Udin & lumpia basah.. there's just nothing compares..!

Cilok yg maha-favorit gue jg, dgn gak adilnya udh extinct. Gue inget dulu mang cilok suka sengaja lewatin rmh gue di Jl. Aceh sepulangnya dr jualan di TB, krn gue pny kebiasaan ngeborong abis sisa jualannya.

Anyway, great life story.. with all the precious little things about TB here n there. Kpn kita bisa ktemu lagi, Ran?

 
At 12/5/05 19:49, Anonymous tyas said...

AAAHAHAHAHAHAAA khemod berteloooorrr... seandainya gue tau cerita ini waktu gue kuliah di SR.... HAHAHAHAHAHAAAA....

btw, si khemod itu mukanya 'boros' hihihi... lucu sekali denger dia pernah kecil...., tapi memang masa pubernya cepet bener yak... sama adik lu lagi!!! HAHAHAHA

waduh, kalo khemod baca, gue digetok kali nih...

terus ya rani... pernah lho fancy night di seni rupa, bintang tamu nya MR. ROBIN!!!! HAHAHAHA... kayaknya nggak cuma elu yang terkesan waktu pesta ulang tahun itu... hihihihi

 
At 13/5/05 12:17, Anonymous yanti said...

Raaaaaaaaaaaaaaannn.. itu foto2nya so adorable.. gue jadi nostalgila banget :). gue baru inget pas elo kecil tuh berkacamata ya?

 
At 13/5/05 13:32, Blogger emaknya iffah said...

ternyata 'nyanyian' n maenan anak tk di bandung n di cirebon sama aja ya...apa jangan2 di seluruh indonesia juga sama..:)
biasanya klo nyanyi domikado sambil suit buat giliran petak umpet..

ada lagi syair yg 'gak jelas' maknanya:
"putih-putih melati alibaba
merah-merah delima pinokio
siapa yang baik hati..cinderella
tentu disayang mama
mamaku lady diana..
papaku pangeran charles
nenekku elizabeth
ratu inggris di amerika.."

baru nyadar setelah gede, betapa ngaconya nyanyian itu..ratu inggris di amerika???wbhahahaha..

 
At 14/5/05 11:22, Anonymous ...mariska... said...

Raaan... baca tulisan lo bener2 bikin gw flashback ke masa SD. Ternyata kita sering sekelas juga ya? Tapi kok lo masih inget sampai detil2nya siih?? hebat deh...
Satu yang ge pernah gw lupain dulu gw pernah jadi paskibra kibar bendera tiap hr senin pagi. Teruuus yg parahnya gw pernah salah, ngibarin bendera kebalik! Putih di atas & merah di bawah!!!
Selesai upacara team gw dihukum deh gara-gara itu, disetrap di lapangan upacara. hik.. hik..

 
At 14/5/05 11:46, Anonymous iyo said...

rani.. lucu banget cerita sd loe. eskul angklung itu kelas 4 kan? gue juga ikutan dulu, kalo ngga salah yang pegang bas betotnya si edy khemod kan? it was fun to see your story. masa kecil yang menyenangkan. good luck with your life... -iyo aka bismo-

 
At 15/5/05 01:06, Anonymous Sita Supomo said...

Rani.. rani.... sampe detil gitu ingetnya yak? Aku tiba2 inget si Mr. Robin... hahaha, heboh ...
Kok tiba-tiba jadi inget si ganteng yang suka diledekin sama Iik, temen Reza... siapa ya namanya?

Emang sepupu gue satu ini sangat oke otaknya... bole pinjem untuk ujian?

 
At 16/5/05 13:08, Blogger thalia said...

ran, gila! detail banget! ingetan gue ngga sampe segitu... wah, asik. jadi tambah banyak kenangan jaman baheula. ada bbrp yang ngga apply ke angkatan gue sih (kayak kata Yanti). kita ngga dapet ekskul angklung... etc etc. tapi jajanan, mainan dst sih... wah, sama juga ya!

btw, elo kok jutek banget sih waktu kecil kalo difoto? hihihi.

 
At 17/5/05 07:04, Anonymous Anonymous said...

Ran,
aduh beneran dech lu ngingetin gue banget sama masa2 SD kita dulu yah..bener banget gue juga seneng beliin maenan kertas di pinggir jalan gitu..oh gue mau nambahin dulu gue suka beli ikan tuh yg di pinggir jalan..tp bener2 tuh ikan ga tahan lama..bentar juga mati..soal Udin and Lumpia basah itu masih ada di memory gue..gue dulu kalo makan baso Udin di tambahin bala bala abas juga..hahah yummy banget..tp semenjak gue udah sekolah di luar gue suka takut makan pinggir jalan..tp gue ga mungkin lupa..gue salut sama lu ran sampe masih nyimpen foto2..ceritanya pun sampe super amat sangat detail banget..Gue asli ga sampe ingetnya kaya begitu loh..oh yah gue suka makan nasi kuning pa endang juga tuh..sama kerupuk pedes..wah bener2 it reminds me a lot of things about bandung..MISS THE FOOD..heheh..anyway..thanks for sharing with great story..keep in touch..

 
At 20/5/05 00:34, Blogger susje said...

wuahh Rani.. thanks for writing such detailed story!! Bener2 jadi keinget masa lalu. Gue dulu juga suka banget buku Bahasaku. Sebelom Bahasaku, ada lagi kyknya buku terbitan PT Djambatan yg gue pake pas kelas 1 SD (kalo gak salah namanya Bacaanku) euhh.. itu 2-2nya favorit. Yg paling gue benci buku matematika Mari Berhitung hihihi... Oh yaa.. ge juga samaan seneng maen boneka kertas abang2 yg 50 perak-an ituh.. hahaha... kalo udah kelamaan,leher bonekanya ampir putus, trus gue sambung pake stepler/selotip!!!!

 
At 3/6/05 12:57, Anonymous Adi W. Taroepratjeka said...

Great 1 Ran... tapi loe kurang menekankan betapa fenomenalnya siomay kering yang dijual di kantin mang Endang. Siomay kering, yang kalo dimakan langsung jan ualot tenan alias very extra chewy. Siomay yang penuh berisikan tepung aci, maizena, sedikit perasa ikan, dengan "kulit" berwarna kecoklatan karena digoreng, dan bagian dalam yang berwarna putih gelap kecoklatan. Siomay yang bikin kangen n masih dicari hingga saat ini.

Gua inget banget... dulu kalo punya duit seneng banget beli Siomay yang satu ini karena keawetannya... Awet karena dengan kecepatan makan rata-rata, butuh sekitar 5-10 menit buat mengunyah dan menghabiskan makanan yang satu ini. Pas kan... 5 menit ngibrit ke kantin n rebutan dapet perhatian penjaga kantin, dengan ngetok-ngetok duit receh ke kaca showcase, dapet, n ngunyah sampe sisa waktu istirahat selesai. Sepotong siomay dalam plastik dengan saos sambel yang kemungkinan terbuat dari pepaya hampir busuk, sekantong teh botol dalam plastik, at that time buat gua, keindahannya melebihi bila kita makan di 3 michelin star restaurant.

Sampe sekitar 1,5 tahun lalu kita masih bisa ndapetin ni siomay di kantin SD, namun kebahagiaan harus berakhir ketika si Ngko yang membuatnya meninggal. Berhenti deh supply sang siomay. Sempet ada selentingan gosip kalo anak si Ngko masih buat siomay tersebut n menjualnya di kantinnya St. Angela.. tapi sejauh ini statusnya masih belum berubah, masih sebuah gosip saja.

Duh.... jadi pengen makan siomay kering itu lagi.....

 
At 1/7/05 19:17, Anonymous arsya said...

Wah, bisa inget sampe detil gitu ya. Gw juga dari TK sampe SMP di Taruna Bakti. Waktu jaman TK itu yang paling inget ngegambar, mewarnai, terus sikat gigi bareng. Sikat gigi bareng-nya numpang di SD-nya.
What else... ah, my memory fails me. Lupa...
Tapi Ibu Sukasah emang top. Rules!! :) Apa kabar ya beliau?

 
At 14/8/05 21:49, Anonymous hericz said...

Wah, masih ada yang inget gini...

Makasih udah mengisi memoriku yang hilang :D

 
At 1/5/06 04:24, Anonymous khemod said...

ampun ran....memori lu kuat abis soal masa lalu ya? yg gua lebih terharu lagi, gua ngeliat foto kita2 pas masih SD! how times change your face! hahaha....
apa kabar Iik? (adeuuhhh...) hahahaha

anyway, nice to hear news about you. contact2an dong!
would like to hear more about you...

khemod@yahoo.com

 
At 17/12/06 00:06, Blogger ITO said...

hhe. saya skrg skolah di smp taruna bakti klas 9.

tau ngga taruna bakti ulang tahun yg ke 50 thn? ada acaranya lho.. dateng ya!

 
At 12/5/07 21:43, Anonymous ega said...

hi im your junior, year 91. I really like your story, bring back all the memories, unbelievable!!!you are a time machine & i was going back to the future for a while. thnks for a ride.

 
At 22/5/07 17:30, Anonymous Anonymous said...

haloow . sya skul di tarunabakti kelas 9 [prnah skelas sma yg nmanya ito - ada di komen]

nanya ! bu hong teh bu yohana, bukan ? soalnya pernah dnger bu yohana bilang gtuu . tpi gataw deng, kalo beda mah . xp

 
At 10/5/08 04:49, Anonymous Jen Wisnu said...

Waduh mba, baca tulisan nya jd inget skolah di TB, nostalgia sekali walaupun beda jaman, saya baru tau kl pa endin itu udah ngajar di TB dr taun 80-an, saya masuk TB br taun 90-an, ho iyah saya jg denger kabar dr temen nya ponakan yg skolah di TB ktnya pak Endin udah meninggal

 
At 26/10/08 21:24, Blogger Gamal said...

Hallo, salam kenal, secara nggak sengaja gue baca cerita tentang sekolah TB, cerita itu bikin gua jadi inget lagi masa lalu, tapi gue berasal dari angkatan lebih senior, taun 1978 gue udah di kelas 2 SMP. Ceritanya menarik, selamatr ya.

 

Post a Comment

<< Home